Senin, 24 Mei 2010

Curriculum Vitae Hasnun Jauhari Ritonga


Hasnun Jauhari Ritonga dilahirkan di Desa Batang Garut, Kec. Dolok, Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, tanggal 7 Agustus 1974 dari pasangan Juli Ritonga dengan Siti Aman Rambe. Saya anak pertama dari 8 orang bersaudara. SD saya selesaikan tahun 1988 dari SDN 142884 Batang Garut. Selagi duduk di kelas V dan VI SD saya sempatkan nyantri di sore hari. Sehabis sekolah pagi (SD) saya sebelum kemudian nyantri sore harinya. Hasilnya saya belikan buku-buku yang dibutuhkan pada sekolah ngaji itu. Dari situlah saya kenal nahwu, sharf, ushfuriyyah, dan sebagainya. Pendidikan di Madrasah saya lanjutkan ke MTs Negeri Medan Fillial Rantau Prapat dan selesai tahun 1991. Setelah selesai dari MTs saya berkeinginan melanjutkan ke pesantren. Mula-mula (tahun 1991) saya mendaftar di Pesantren Irsyadul Islamiyah Desa Tanjung Medan, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhan Batu, tetapi saya di sana hanya bertahan tidak lebih dari sebulan, kemudian saya coba lagi ke Pesantren Modern Darul Muhsinin, Desa Janji Manahan Kawat, Kec. Bilah Hulu, Kab. Labuhan Batu di sana juga tidak sempat mengikuti ujian semesteran. Akhirnya di tahun 1991 itu saya harus menghabiskannya dengan tidak melanjutkan sekolah formal. Barulah di tahun 1992 saya bersekolah di MAN 1 Medan Lokasi Patumbak dan selesai tahun 1995. Prestasi di kelas Alhamdulillah begitu memuaskan, hingga di akhir semester saya ditawarkan masuk jalur PMP USU dan PMDK IKIP Negeri Medan tetapi semuanya saya tolak. Toh, akhirnya bersama beberapa teman se-alumni saya malah ikut bimbingan intensif di BT Dakwah USU dan ikut UMPTN dan bersamaan dengan itu pula saya juga mengikuti Ujian Masuk IAIN-SU. Jalur UMPTN tidak lulus, tetapi di IAIN-SU lulus pada Fakultas Dakwah Jurusan Manajemen Dakwah. Perkuliahan berlangsung selama lebih kurang 5 tahun hinga selesai di bulan Mei tahun 2000.
Lima bulan berikutnya saya menikah, sementara waktu saya hanya mengajar di SMP Nurul Hasanah Padang Bulan Medan, sekaligus di sore harinya mengajar di MDA pada Yayasan yang sama. Berselang 4 bulan setelah menikah (Februari 2001) saya ditawarkan untuk bekerja sebagai salah satu redaktur di Harian Media Riau di Pekanbaru, saya seorang diri berangkat ke sana, dan barulah di bulan Mei isteri saya Sri Umiati menyusul yang kebetulan perkuliahannya di STIE Tampan Medan tinggal hanya menyusun skripsi. Pada bulan 26 Mei 2002 isteri saya melahirkan putra kami di Pekanbaru yang diberi nama Humaidi Hilman Hajri, sekitar 1 bulan setelah wisudanya berlalu. Tepat 1 tahun usia putra kami, kami kembali ke Medan. Di Medan, selain aktif mengisi ceramah-ceramah agama kesehariannya ikut serta menjadi pengurus (Sekretaris) pada Yayasan Nurul Hasanah Padang Bulan Medan. Pada tahun 2004 tepatnya 24 Oktober kami kedatangan tamu istimewa, seorang anak gadis yang kemudian diberi nama Siti Ramadhina Hajri dan pada bulan Juni di hari pertama tahun 2008 kami juga kedatangan penghuni baru yang kami panggil dengan nama Rizka“Beby” Hajri.
Pada saat kuliah di S1 kegiatan pengembangan kepribadian dan kepemimpinan yang pernah diikuti diantaranya mengikuti berbagai seminar dan pelatihan, PKD SMF FD (1998), Trend 2000 Pemuda Keadilan USU, Bimbingan Jurnalistik LPWI Ummul Quro Grobogan Jateng (1998). Di samping itu aktif menulis pada berbagai harian dan majalah, seperti Harian WASPADA, MIMBAR UMUM (Medan). Harian PELITA (Jakarta), Majalah SATYA BHAKTI Dispen POLDASU (sejak tahun 1999). Tahun 2005 saya Kuliah di Program Pascasarjana (PPs) IAIN-SU pada Program Studi Komunikasi Islam (S2). Pada tahun 2006 diterima sebagai Calon Dosen pada Fakultas Dakwah IAIN-SU. Tahun 2007 sebagai Dosen Tetap pada Fakultas Dakwah IAIN Sumatera Utara, dan tahun 2008 dosen terbang pada Fakultas Komunikasi Universitas Dian Nusantara (UDNAS) Medan.

1 komentar:

  1. Bos... Alumni Ummul Quro ya...? mantep dech.. kenalin saya Asluri { Jakarta} alumni ummulquro 1998 insya allah ada tawran jadi pimpinan Redaksi Majalah energinano.. gabung ya boss httP://www.energinano.com Id memeber EN1000205 pasword 123456

    BalasHapus